header-int

Jalin Kerjasama Kemenag Nganjuk dan IAIN Ponorogo Tingkatkan Kompetensi Guru BK

Rabu, 18 Jan 2023, 08:20:35 WIB - 187 View
Kontributor : Luqman Hadi - Humas Kankemenag Nganjuk
Jalin Kerjasama Kemenag Nganjuk dan IAIN Ponorogo Tingkatkan Kompetensi Guru BK

Nganjuk – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk,  Afif Fauzi membuka acara Workshop Peningkatan Kapasitas Guru Bimbingan Konseling (BK), Selasa (17/1). Kegiatan yang digelar di Aula setempat ini diikuti oleh guru BK dari MA/SMA/SMK se kabupaten Nganjuk.

Mengambil tema “Budaya Bermedia Digital”, kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara IAIN Ponorogo dengan Kemenag Nganjuk. Pengambilan tema ini menjadi perhatian mengingat perkembangan media digital yang sudah menjadi trend budaya pada masyarakat.

Wakil dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam bidang pendidikan Dr. Aji Damanuri, M.E., dalam sambutannya menyampaikan salam dan terima kasih telah difasilitasi dengan baik untuk menyapa guru BK di Kabupaten Nganjuk. Ia berharap kegiatan ini menjadi awal terjalinnya ikatan silaturahmi yang baik antara IAIN Ponorogo dengan Kemenag Nganjuk.

Selanjutya, memeberikan sambutan yang sekaligus membuka acara tersebut, Kakankemenag menyampaikan pentingnya peran guru BK pada perkembangan setiap peserta didik. Menurutnya, setiap Guru BK harus mampu mengubah stigma yang berkembang di masyarakat saat ini. Saat ini guru BK hanya dianggap menangani siswa yang bermasalah saja. Sehingga setiap siswa yang ingin mendapatkan pelayanan bimbingan dan konseling selalu dianggap siswa bermasalah. Padahal, lebih dari itu keberadaan guru BK di Madrasah/Sekolah memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan siswa.

“Bimbingan konseling sangat penting perannya dalam pendidikan. Dengan adanya BK, siswa dapat didampingi dalam masa perkembangan diri.” ucap Afif Fauzi

  

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa perkembangan teknologi membawa dampak perubahan yang besar bagi pelajar di Indonesia. Jika tidak disikapi dengan benar oleh para guru Bimbingan Konseling (BK) akan melahirkan banyak kompleksitas masalah bagi siswa.

“Dengan kegiatan ini, kami berharap para guru BK dapat memiliki database siswa untuk memetakan potensi dan bakat mereka sehingga hal ini dapat memudahkan guru dalam memotivasi dan mengaktualisasikan potensi mereka.” ujarnya

Di penghujung sambutan, Afif Fauzi mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang terjalin antara IAIN Ponorogo dengan Kemenag Nganjuk  dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas guru BK di Kabupaten Nganjuk . (lq)

#inmas
kemenag Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk berada di Jl. Dermojoyo No. 22 Tlp. (0358) 321757 dan fax (0358) 324071 kode Pos 64418, dengan luas gedung 487 M2 diatas tanah dengan luas 2.580 M2 . Berdasarkan KMA No: 373/2002 tentang Organsasi dan Tata kerja Kanwil Depag Provinsi dan Kab/kota Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk termasuk Tipologi XII A
© 2024 Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Follow kemenag Nganjuk : Facebook Twitter Instagram Youtube