header-int

MTsN 7 Nganjuk Membangun Karakter Disiplin Siswa Dengan Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah

Selasa, 24 Jan 2023, 12:13:18 WIB - 260 View
Kontributor : A. Jauhari Musyaffi`- MTsN 7 Nganjuk
MTsN 7 Nganjuk Membangun Karakter Disiplin Siswa Dengan Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah

Nganjuk, MTsN 7 – "Man Syabba 'Ala Syai'in, Syaaba 'Alaihi", barang siapa yang membiasakan sesuatu (di waktu mudanya), maka ia akan terbiasa melakukannya (di masa tuanya). Kalimat pepatah Arab ini mungkin adalah motivasi yang paling tepat dalam melaksanakan kegiatan rutinitas pagi yaitu jamaah sholat dhuha dan pengajian kitab di MTs Negeri 7 Nganjuk.

Kegiatan jamaah sholat dhuha dan pengajian kitab ini merupakan kegiatan pembiasaan yang sudah berlangsung sejak beberapa tahun yang lalu. Kegiatan yang diikuti seluruh civitas MTsN 7 Nganjuk ini dilaksanakan di halaman tengah Madrasah. Seluruh siswa-siswi, dewan Guru serta Pegawai turut serta dalam kegiatan tersebut. Kegiatan dimulai pukul 06.40 sampai pukul 07.15, diawali dengan sholat dhuha dan dilanjutkan dengan pengajian kitab. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari mulai hari Selasa sampai hari Sabtu. Khusus hari Senin, karena ada Upacara Bendera pada jam sebelum masuk jam pertama, sholat dhuha dilaksanakan oleh individu masing-masing di mushola pada saat jam istirahat.

Menurut Mochammad Abdul Rasyid, M.Pd. selaku Kepala MTs Negeri 7 Nganjuk, Shalat dhuha merupakan salah satu shalat sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan. Oleh karenanya, madrasah mencanangkan pembiasaan mengerjakan shalat dhuha sebelum masuk pembelajaran jam pertama. Dengan membiasakan mengerjakan sholat dhuha secara terprogram diharapkan bisa menumbuhkan dan membentuk karakter disiplin, terutama disiplin waktu, dimana peserta didik akan membiasakan diri untuk datang ke madrasah lebih awal karena mereka tidak ingin kehilangan momentum sholat dhuha. Selanjutnya, diharapkan pembiasaan di madrasah ini akan senantiasa mereka bawa hingga mereka tidak lagi belajar di MTsN 7 Nganjuk.

Lebih jauh beliau menambahkan Pembiasaan shalat dhuha dilakukan agar peserta didik terbiasa melakukanya. Kemudian akan ketagihan dan menjadi tradisi yang sulit untuk ditinggalkan dalam hidupnya sehingga peserta didik memiliki karakter yang disiplin dari pembiasaan shalat dhuha yang dilakukan di Madrasah.

Karakter disiplin mempunyai nilai yang sangat penting untuk membentuk pribadi peserta didik yang taat aturan dan tata tertib madrasah. Jika seluruh warga madrasah menerapkan disiplin dengan baik, hal ini akan menjadi wujud suatu kehidupan madrasah yang baik dan berimbang secara dhohir dan batin dan berimbas di kehidupan masyarakat pada umumnya.

Dengan diadakannya pembiasaan seperti ini, diharapkan akan terbentuk nilai-nilai karakter dari peserta didik yang disiplin, yaitu disiplin waktu dan peraturan serta disiplin terhadap suatu kegiatan yang berlaku sebagai tuntunan kedisiplinan pada umumnya, terangnya.

Selain sholat dhuha juga di adakan pengajian kitab yang dilaksanakan setelah sholat dhuha, hal ini bertujuan untuk menambah khazanah keilmuan guru, pegawai dan siswa siswi MTs Negeri 7 Nganjuk. (Syaf)  

#madrasah
kemenag Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk berada di Jl. Dermojoyo No. 22 Tlp. (0358) 321757 dan fax (0358) 324071 kode Pos 64418, dengan luas gedung 487 M2 diatas tanah dengan luas 2.580 M2 . Berdasarkan KMA No: 373/2002 tentang Organsasi dan Tata kerja Kanwil Depag Provinsi dan Kab/kota Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk termasuk Tipologi XII A
© 2024 Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Follow kemenag Nganjuk : Facebook Twitter Instagram Youtube