header-int

RA Perwanida II Sonopatik Boyong 5 Kejuaraan

Selasa, 24 Jan 2023, 12:10:47 WIB - 223 View
Kontributor Hari Purnomo, Pengawas Muda Kemenag Nganjuk
RA Perwanida II Sonopatik Boyong 5 Kejuaraan

Dalam rangka Milad SD Negeri 3 Payaman ke 74 menyelenggarakan “Art Competition” dengan mengusung tema “Panen Karya Siswa dan Arts Competition Apresiasi Pelajar Pancasila”. Dalam rangkaian kegiatan tersebut terbagi dalam 2 (dua) kategori yang diperlombakan yaitu kategori TK, dan kategori SD. Untuk kategori TK yang diperlombakan adalah hafalan surah pendek, menyanyi, mewarnai dan menari. Sedangkan kategori SD diantaranya gambar bercerita, puisi islami, menyanyi dan menari.

Ketentuan masing-masing lomba termaktub sebagai berikut. Untuk lomba mewarnai diantaranya : mewarnai dengan tema “HUT SDN 3 Payaman ke 74”, gambar disiapkan panitia, crayon kecuali carandas, Peserta membawa meja lipat, waktu mewarnai 2 jam (120 menit), ukuran Kertas F4, tidak boleh menambah gambaran dengan alat tulis. Sedangkan kriteria Penilaian lomba mewarnai adalah keserasian warna, ketepatan warna pada pola, kerapian,  dan keindahan

Dalam lomba menyanyi lagu disiapkan panitia yaitu ; Burung Kutilang, Burung Kaka Tua dan Naik Delman. Sedangkan ketentuan lomba menyanyi ini bahwa nada dasar dari peserta, diperbolehkan membawa musik pengiring sendiri/MP3, kostum bebas rapi sesuai tema, durasi 4-5 menit. Sedangkan kriteria penilaian diantaranya 1) Materi Vokal meliputi suara; 2) Teknik meliputi dinamika, tempo, musikalitas dan pemahaman lagu; dan 3) Perform diantaranya ekspresi dan penguasaan panggung.

Dari lomba menari hal yang perlu dipersiapkan penari adalah tari kreasi baru [tarian sesuai usia anak], kostum/rias sesuai tema, durasi 4-5 menit, berkelompok  3-5 anak, dan musik memakai MP3 (flashdisk). Sedangkan untuk kriteria penilaian meliputi wiraga, wirama dan perform siswa termasuk pola lantai dan kostum.

Kemudian dalam lomba hafalan surat pendek peserta memilih salah satu surat An-Nas, surat Al Falaq atau surat Al-Lahat, durasi 4-5 menit, pakaian busana muslim  bebas rapi. Sedangkat untuk kriteria penilaian diantaranya tajwid, mahroj dan adab.

Secara keseluruhan pelaksanaan lomba tersebut siswa di bawah binaan ibu Titik Handayani mampu menunjukkan tajinya, dengan mampu memboyong 5 kejuaraan. Lomba tersebut dilaksanakan pada tanggal 18 hingga 19 Januari 2023. Adapun mereka yang memperolehnya antara lain : Mutiara Safira sebagai harapan 1 dan Musyaffak memperoleh harapan 2. Kemudian lomba menari diperoleh dari tim Aqila yang mampu menjadi juara 2 dan tim Farel memperoleh harapan 1. Tidak kalah dengan lomba tersebut dalam Nadya yang mampu menjadi juara ketiga.

Semua perlombaan TK dan SD  baik perorangan atau grup diambil juara 1, 2 dan 3 mendapatkan fasilitas piala, piagam dan uang pembinaan. Sedangkan yang harapan 1,2 dan 3 fasilitas piagam, piala dan bingkisan. Peserta TK yang masuk 3 besar perlombaan baik lomba tunggal ataupun grup berhak  mendapatkan Golden Tiket.

Semoga ke depan dapat memperoleh harapan yang lebih baik dari tahun ini. (poer)

#madrasah
kemenag Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk berada di Jl. Dermojoyo No. 22 Tlp. (0358) 321757 dan fax (0358) 324071 kode Pos 64418, dengan luas gedung 487 M2 diatas tanah dengan luas 2.580 M2 . Berdasarkan KMA No: 373/2002 tentang Organsasi dan Tata kerja Kanwil Depag Provinsi dan Kab/kota Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk termasuk Tipologi XII A
© 2024 Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Follow kemenag Nganjuk : Facebook Twitter Instagram Youtube