header-int

Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan Melalui Peringatan Hari Santri Nasional di Tahun 2022

Kamis, 27 Okt 2022, 08:15:55 WIB - 307 View
Kontributor : Mariyatul Qibtiyah - Guru Madya MIN 3 Nganjuk
Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan Melalui Peringatan Hari Santri Nasional di Tahun 2022

Nganjuk - Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun ini, tepatnya pada tanggal 22 Oktober 2022, sesuai dengan instruksi Kemenag melalui surat edaran tentang upacara bendera secara serentak, maka MIN 3 Nganjuk melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) dengan khidmat. "Berdaya Menjaga  Martabat Kemanusiaan" merupakan tema besar yang diusung dalam memperingati HSN tahun ini.

Selain upacara berjalan dengan khidmat, hal ini didukung pula oleh pakaian yang digunakan oleh semua peserta upacara bendera, baik yang menjadi petugas maupun peserta, semua memakai pakaian ala santri bagi yang laki-laki mengenakan baju koko warna putih dan bawahan sarung serta berkopyah, sedangkan yang perempuan atasan putih dan bawahan menyesuaikan. Biarpunsemua memakai pakaian ala santri namun tetap bersepatu.

"Seorang santri haruslah selalu meninggalkan keburukan dan juga seorang santri harus selalu berusaha selalu berada di jalan yang diridhoi oleh Allah SWT"..... itu merupakan penggalan amanat pembina upacara yang disampaikan oleh Bapak Suyanto, M.Pd.I yang pada hari itu sebagai pembina upacara, beliau adalah salah satu guru dari MIN 3 Nganjuk yang merupakan PKM keagamaan yang baru saja diangkat menjadi seorang Pengawas Madrasah tingkat Madrasah Ibtida'iyah (MI) Kabupaten Nganjuk.

Upacara bendera yang dilaksanakan pada hari sabtu, tanggal 22 Oktober 2022 merupakan salah satu rangkaian acara yang dilaksankan di MIN 3 Nganjuk dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2022, karena MIN 3 Nganjuk mempergunakan kesempatan memperingati hari santri nasional sebagai momentum untuk menggali minat dan bakat para siswa-siswi dari MIN 3 Nganjuk. Dalam sebuah kepanitiaan yang diketuai oleh Bapak Ifan Muzaki, M.Pd yang merupakan PKM keagamaan yang baru melaksanakan serangkaian kegiatan yang diawali pada hari kamis tanggal 20 Oktober 2022, yaitu lomba mewarnai bagi kelas bawah yakni kelas I, II dan III dan juga lomba membuat poster bagi kelas IV, V dan VI dengan tema "Hijau Madrasahku, Nyaman Belajarku".

Kegiatan yang kedua dilaksanakan pada hari jum'at tanggal 21 Oktober 2022 yaitu lomba membaca puisi dengan berbagai judul pilihan serta lomba pidato bahasa Indonesia dengan tema bebas. kegiatan selanjutnya pada hari sabtu tanggal 22 Oktober 2022 yaitu upacara bendera yang berlangsung dengan khidmat kemudian dilanjutkan dengan lomba vokal islami untuk kelas IV. V dan VI dengan berbagai judul lagu pilihan, semua acara berjalan dengan lancar dengan peserta sekitar kurang lebih 92 % dari jumlah siswa. "Alhamdulillah dalam kegiatan memperingati HSN kali ini, kami menemukan bibit-bibit yang hebat sebagai calon duta madrasah dalam kancah perlombaan tahun yang akan datang.." ucap ibu Siti Nurrohmah, S.Pd yang merupakan salah satu juri lomba pidato Bahasa Indonesia yang juga sebagai mentor ektra pidato Bahasa Indonesia MIN 3 Nganjuk.

Rangkaian kegiatan yang terakhir adalah pada hari senin tanggal 24 Oktober 2022, setelah upacara bendera yang rutin dilaksanakan setiap hari senin diumumkan semua pemenang lomba mulai dari juara 1,2,3 dan juga harapan 1,2 dan 3 sekaligus penyerahan piala dan sertifikat juga hadiah hiburan.  Alhamdulillah semua rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2022 berjalan sesuai dengan harapan dan berjalan lancar.

 

Ayo Nyantri...Ayo Berbakti dan Berkontribusi....MIN 3 Jaya.

 

ed : (Lq)

#madrasah
kemenag
© 2024 Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Follow kemenag Nganjuk : Facebook Twitter Instagram Youtube