header-int

Bimwin Pra Nikah, Upaya Wujudkan Keluarga Samawa

Rabu, 30 Jun 2021, 10:00:33 WIB - 2450 View
Kontributor
Bimwin Pra Nikah, Upaya Wujudkan Keluarga Samawa

Kab. Nganjuk (Inmas) - Sebagai upaya mewujudkan terwujudnya keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk mengadakan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) pra nikah bagi lima belas pasangan calon pengantin dari Kecamatan Bagor. Para peserta bimwin adalah pasangan calon pengantin yang telah mendaftarkan proses pernikahannya di KUA Kecamatan Bagor.

Memgambil tempat di Masjid Al Mustofa Baron sebagai lokasi penyelenggaraan, Bimwin angkatan ke tiga belas ini akan digelar selama dua hari berturut-turut dimuali hari Selasa (29/6) dan Rabu (30/6). Selama dua hari peserta bimwin akan menerima materi dan pengetahuan sebagai bekal membangun keluarga berkualitas yang akan disampaikan para pemateri dari Kementerian Agama, Dinas Kesehatan, dan BKKBN Kabupaten Nganjuk.

Didapuk menjadi pemateri pertama dalam bimwin angkatan ke tiga belas, Kakankemenag Kabupaten Nganjuk Taufiqurrohman membuka  sambutannya dengan paparan tentang bagaimana mengelola konflik rumah tangga. Konflik rawan terjadi pada pasangan baru yang memulai membangun keselarasan dalam berumah tangga.

Banyak perbedaan secara internal dan eksternal yang akan muncul dalam keluarga yabg harus bisa disikapi dengan penuh kedewasaan dan kebijaksanaan. Pasangan muda harus mendapat bekal yang baik dalam menghadapi kehidupan pasca seremoni pernikahan sehingga tidak mudah memunculkan kasus perceraian antar pasangan muda.

"Egoisme dan faktor ekonomi harus bisa disikapi dengan dewasa dan bijaksana", pesan Kakankemenag kepada muda-mudi pasangan calon pengantin peserta bimwin angkatan ke tuga belas kali ini. Ia menegaskan untuk menumbuhkan rasa syukur dan menerima setiap keadaan yang diberikan Allah SWT tanpa membandingkan dengan orang lain. Kedewasaan untuk saling mengerti dan menjaga adalah kunci dalam menumbuhkan kehidupan berkeluarga yang tenang dan bahagia.

Banyak kiat dan ilmu yang secara langsung diberikan kepada seluruh pasangan calon pengantin peserta bimwin angkatan ke tiga belas kali ini. Diakhir materinya, Kakankemenag mendoakan agar semua peserta Bimwin dapat menjadi keluarga yang Sakinah Mawaddah Wa Rahmah. (Lq)

#inmas
kemenag
© 2024 Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Follow kemenag Nganjuk : Facebook Twitter Instagram Youtube