header-int

Jaga NKRI, Kakanwil Perkuat Gaung Moderasi Beragama dengan Silaturrahim Kepada Para Masyayikh

Sabtu, 20 Mei 2023, 14:15:49 WIB - 185 View
Kontributor Luqman Hadi - Humas Kankemenag Nganjuk
Jaga NKRI, Kakanwil Perkuat Gaung Moderasi Beragama dengan Silaturrahim Kepada Para Masyayikh

Nganjuk - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram, melakukan silaturrahmi dengan Pondok Pesantren Riyadlotul Muttaqin di Desa Cemoro, Kecamatan Tanjunganom, Nganjuk. Kunjungan tersebut berlangsung pada Sabtu, 20 Mei 2023. Kakanwil didampingi oleh Kepala Bidang Pondok Pesantren, Kakankemenag, serta Kepala Seksi Pondok Pesantren Kabupaten Nganjuk. Mereka diterima dan ditemui secara langsung oleh pengasuh pondok, KH. M. Nur Salim Ismail.

Dalam pertemuan tersebut, Pengasuh Pondok berbagi pengalaman masa kecilnya saat mondok kepada KH. Ghozali Manan, yang merupakan pendiri dan pengasuh Pondok Krempyang. Kyai yang memiliki sixth sense  ini sering dikunjungi oleh tamu-tamu baik dari dalam kota maupun luar kota, bahkan dari ibukota.

Kakanwil beserta timnya melakukan silaturrahmi dalam rangka memperkuat semangat moderasi beragama sebagai wujud nyata dalam menjaga kesatuan dan kerukunan umat beragama di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), terutama di lingkungan pondok pesantren. Langkah ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam memperkokoh toleransi dan harmoni antarumat beragama di Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Kakanwil dan pengasuh pondok juga membahas upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama di pondok pesantren serta upaya penguatan peran pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas. Kakanwil menyampaikan apresiasinya terhadap kontribusi Pondok Pesantren Riyadlotul Muttaqin dalam mengembangkan pendidikan agama di daerah Nganjuk.

    

Kunjungan ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur dengan Pondok Pesantren Riyadlotul Muttaqin serta memberikan inspirasi dan semangat bagi pengasuh pondok dan santri dalam menjalankan peran dan fungsi pesantren sebagai pusat pendidikan dan pengembangan spiritual umat Islam.(Lq)

#inmas
kemenag
© 2024 Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Follow kemenag Nganjuk : Facebook Twitter Instagram Youtube