header-int

Kakankemenag Dampingi Tim Verifikasi Lapangan Eco Pesantren DLH Provinsi Jawa Timur

Selasa, 01 Nov 2022, 15:25:27 WIB - 271 View
Kontributor Luqman Hadi - Humas Kankemenag Nganjuk
Kakankemenag Dampingi Tim Verifikasi Lapangan Eco Pesantren DLH Provinsi Jawa Timur

Nganjuk - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk, Muhammad Afif Fauzi  kunjungi Pondok Modern Sumber Daya At Taqwa (POMOSDA), Tanjunganom, Nganjuk pada Selasa, (1/10). Kunjungan Kakankemenag dalam rangka menyambut sekaligus mendampingi Tim Verifikasi Lapangan Eco Pesantren DLH Provinsi Jawa Timur.

 

Selain itu, Kedatangan kakankemenag juga sebagai bentuk motivasi dan dukungan secara moral kepada Pomosda sebagai Pondok pesantren yang tengah menghadapi penilaian dan verifikasi sebagai Eco Pesantren di Kabupaten Nagnjuk.

 

Bersama Tim Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk, Kakankemenag dan tim verifikasi eco pesantren disambut tarian selamat datang yang ditampilkan oleh para santri Pomosda dan ... produk-produk lokal hasil para santri pondok pesantren.

 

"Selamat datang dan bertugas Bapak Ibu Tim verifikasi Evo Pesantren Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur di Pondok Modern Sumber Daya At Taqwa Kabupaten Nganjuk", ujar Irawan, Humas Pomosda memulai pertemuan yang dilaksanakan di aula setempat.

 

Ia menyatakan bahwa di Pomosda, jenjang pendidikan yang ada meliputi tingkat SD SMP SMA sampai jenjang Perguruan Tinggi. Pendidikan di pondok modern Pomosda selain berbasis agama juga berusaha memberdayakan setiap potensi dan skill yang dimiliki para santri. Sehingga sesuai visi Pomosda, setiap pendidikan yang ada di pondok pesantren ini dapat berjalan seimbang antara pendidikan agama dan skill para siswa dalam bermasyarakat agar terwujud pendidikN yang memanusiakan manusia.

 

"Pendidikan harus menguatkan potensi yang ada baik dari para santri maupun masyarakat sekitar." ujar Irawan menambahkan.

 

Sementara itu, Kakankemenag dalam sepatah katanya menyampaikan harapan bahwa penilaian eco pesantren di Kabupaten Nganjuk dapat mendapatkan nilai yang terbaik. Hal ini agar di masa mendatang dua pondok yang tahun ini diajukan untuk penilaian eco pesantren dapat menjadi percontohan dan motivasi pada para pengelola pondok pesantren di Kabupaten Nganjuk.

 

"Kehadiran pondok pesantren ditengah masyarakat memberikan penguatan sekaligur pemberdayaan potensi yang ada di masyarakat, baik secara keagamaan maupun inovasi pendidikan berbasis skill", ujar Kakankemenag.

 

Ilham Arif Ketua tim verifikasi menyampaikan bahwa kehadiran tim verifikasi eco pesantren dari dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur dalam rangka mendampingi setiap pesantren yang telah diajukan dalam mewujudkan pesantren yang lebih berdaya dan bermanfaat ditengah masyarakat.

Selesai acara seremonial penerimaan tamu, acara dilanjutkan dengan monitoring dan penilaian bagian-bagian yang menjadi objek penilaian dalam penentuan eco pesantren.(Lq)

#inmas
kemenag
© 2024 Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Follow kemenag Nganjuk : Facebook Twitter Instagram Youtube