header-int

KUA Tanjunganom Langsungkan Ikrar Syahadat Muallaf

Selasa, 18 Okt 2022, 12:55:40 WIB - 367 View
Kontributor : Kang Ibad - Penyuluh Agama Islam Kecamatan Tanjunganom
KUA Tanjunganom Langsungkan Ikrar Syahadat Muallaf

Nganjuk (KUA Tanjunganom) – Tidak hanya melayani Nikah, Talak dan Rujuk, Kantor Urusan Agama merupakan tempat pelayanan umat. Dimana setiap kegiatan kemasyarakatan yang berhubungan dengan keagamaan tentunya tidak lepas dari KUA. V Wisnu Adi Widyanto warga Jl. Danau Rawa Bening h8f 39 Madyopuro Kedungkandang Kota Malang melaksanakan ikrar syahadat di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanjunganom, Senin 17 September 2022. Yang mana pada prosesi ikrar tersebut dituntun oleh Muh. Ariful Ibad, Penyuluh Agama Islam Non PNS KUA Kecamatan Tanjunganom dan disaksikan oleh Jasmani sebagai Perangkat Desa setempat dan Sukriyanto, S.Pd wakil salah satu keluarga.

 

Dalam pelaksanaan prosesi ikrar syahadat, sebelumnya Arif menyampaikan 3 hal bahwa menjadi seorang mualaf yang pertama harus dari hatinya sendiri tidak boleh ada paksaan, karena islam melarang adanya pemaksaan dalam memeluk agama baik secara halus atau kasar, yang kedua tetap berbuat baik kepada keluarga dan yang ketiga siap dan sanggup melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim (sholat, zakat, puasa dan lainnya). "dan setelah ini lakukan mandi besar atau jinabat ya". tambah Arif.

 

Disaksikan para saksi dan keluarga, dengan mukaddimah singkat Arif kemudian menuntun Wisnu dengan niat yang kuat dan dengan ketulusan hati menuntun melafalkan basmalah kemudian syahadat beserta artinya dengan perlahan dan jelas. Kemudian ditutup dengan doa. Setelah selesai ikrar syahadat Arif sedikit menyampaikan yang harus dilaksanakan seorang muslim dan jangan berhenti selalu belajar islam. Selanjutnya berkas ikrar syahadat di kembalikan KUA Kecamatan Tanjunganom untuk memproses sertifikat tersebut untuk ditandatangani kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanjunganom.

 

KUA Tanjunganom juga mengutamakan kemudahan dan kenyamanan dalam pelayanannya. disamping kemudahan dalam ikrar syahadat juga kemudahan dalam ikrar wakaf dan lain sebagainya. " termasuk program itegritas Kemenag Kabupaten Nganjuk" tandas Arif.

ed: Lq

#kua,bimais
kemenag
© 2024 Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Follow kemenag Nganjuk : Facebook Twitter Instagram Youtube