header-int

Manasik Haji Anak Gugus Paud 07 Kecamatan Pace

Rabu, 06 Mar 2024, 15:32:11 WIB - 621 View
Kontributor : Hari Purnomo. Pengawas Madrasah Muda
Manasik Haji Anak Gugus Paud 07 Kecamatan Pace

Hari Rabu Tanggal 28 Februari Tahun 2024 bertempat di lapangan Desa Jetis Kecamatan Pace telah dilaksanakan satu kegiatan praktek bimbingan ibadah kolosal. Disebut kolosal karena ibadah ini dijalankan secara bersama sama walaupun sejatinya merupakan ibadah pribadi. Masing-masing orang bertanggungjawab atas ibadah tersebut. Adapun nama kegiatan tersebut adalah Manasik Haji Anak.

Kegiatan yang dinisiasi oleh pengurus IGTKI Gugus PAUD 07 ini menghadirkan semua siswa yang belajar di 3 Kelompok Bermain dan 6 Taman Kanak Kanak. Sepuluh lembaga belajar usia dini ini berada di tiga desa yaitu Jetis, Bodor, dan Kecubung. Jumlah peserta yang berpartisipasi dalam unjuk praktek ibadah tersebut sebanyak 174 anak.

Pada upacara pembukaan, ketua panitia pelaksana menyampaikan terimakasih kepada semua fihak yang membantu dan mendukung suksesnya kegiatan. Baik itu sumbangsih berupa dana, pemikiran, maupun motivasi. Terutama support kehadiran yang menambah semangat para pengurus IGTKI Gugus PAUD 07.

 

Dalam laporannya, Harlismiati, S.Pd menyampaikan bahwa tujuan utama dilaksanakan Manasik Haji Anak adalah untuk mengenalkan rukun Islam kelima kepada anak. Kedua mengenalkan rangkaian ibadah haji. Ketiga membentuk karakter keagamaan anak. Keempat mengembangkan nilai kerjasama antara anak, orangtua dan guru. Dan tujuan terakhir sebagai sarana dakwah dan promosi kepada masyarakat sekitar. "Pembiayaan kegiatan Manasik Haji Anak ini berasal dari iuran walimurid KB dan TK Gugus PAUD 07", kata ketua panitia.

Selain anak-anak, para guru, dan orangtua, acara tersebut juga menghadirkan Ketua Yayasan tiga desa, Ketua PKG, Ketua IGTKI, Ketua Himpaudi, Semua Pengawas dan Korwil Pendidikan. Tidak ketinggalan PPAI Kecamatan Pace, Achmad Kanapi, S.Ag juga hadir. Suasana kegiatan terasa semakin damai dan menenteramkan dengan kehadiran Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Jetis.

 

Kata pembukaan disampaikan oleh Kordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Pace. Mewakili Korwil, Anwar S.Pd., M.Pd mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Gugus PAUD 07. Dengan Manasik Haji, anak-anak akan semakin mencintai agamanya. "Saya berharap kegiatan ini akan memberi motivasi kepada orangtua dan para guru untuk berusaha segera mendaftarkan haji. Apalagi mengingat masa tunggu berangkat haji sekarang 29 tahun". Demikian salah satu bagian sambutan dari pengawas korwil Pace. Bacaan Basmalah bersama menandai acara Manasik Haji Anak dimulai.

Pengawas PAI Kecamatan Pace turut mengacungkan jempol atas kreatifitas para guru KB dan TK Gugus PAUD 07. Tidak banyak sekolah yang mampu dan mau membuat terobosan kegiatan keagamaan seperti itu. Sebagai kepanjangan tangan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk yang bertanggung jawab pada pembinaan kegiatan PAI di sekolah, Achmad Kanapi, S.Ag berharap kegiatan istimewa ini bisa menjadi agenda rutin tahunan Gugus PAUD 07. Menjadi luar biasa kalau semua KB dan TK se Kecamatan Pace bisa melaksanakan Manasik Haji Anak bersama-sama. Suatu saat stadion Pace yang berwarna hijau akan berubah berwarna putih karena siswa KB dan TK berkumpul menjadi satu.

Dengan berseragam serba putih layaknya jamaah haji, para siswa dengan dipandu oleh panitia dan guru pendamping menjalankan rangkaian ibadah haji. Masing-masing tempat rukun dan wajib haji dijaga oleh dua panitia pemandu. Miniatur lokasi yang didatangi sudah tertata rapi di lapangan. Lengkap dengan tulisan besar yang menandai keberadaan lokasi tersebut. Yang paling mencolok adalah keberadaan miniatur Ka'bah.

Sebagaimana pelaksanaan haji, dalam kegiatan yang berlangsung di hadapan tamu undangan, anak-anak dibimbing untuk menjalankan semua rukun haji. Dimulai dari ihram, wukuf di arafah, thawaf, sa'i, dan tahallul. Juga dibimbing melaksanakan wajib haji yaitu mabid di muzdalifah, mabid di mina, melempar jumrah, dan tawaf wada. Tidak tertinggal sunnah minum air zamzam juga dipraktekkan kepada mereka.

Anak-anak mengikuti arahan pemandu dengan penuh semangat. Terik matahari yang mulai menyengat tidak menyurutkan langkah mereka untuk terus bergerak. Dengan kelompok KB dan TK masing masing, mereka menyelesaikan semua ritual manasik haji. Kegiatan berakhir pada pukul 10.30. Semoga semua yang hadir dimudahkan mendapat panggilan Alloh menunaikan ibadah haji. Amin Ya Robbal Alamin. (pakpi)

 

#inmas,pais
kemenag Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk berada di Jl. Dermojoyo No. 22 Tlp. (0358) 321757 dan fax (0358) 324071 kode Pos 64418, dengan luas gedung 487 M2 diatas tanah dengan luas 2.580 M2 . Berdasarkan KMA No: 373/2002 tentang Organsasi dan Tata kerja Kanwil Depag Provinsi dan Kab/kota Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk termasuk Tipologi XII A
© 2024 Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Follow kemenag Nganjuk : Facebook Twitter Instagram Youtube