header-int

Merah Putih berkibar di Hari Santri

Kamis, 27 Okt 2022, 08:52:45 WIB - 228 View
Kontributor Irfai - MTsN 9 Nganjuk
Merah Putih berkibar di Hari Santri

Lapor…! upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Santri tahun 2022 siap dilaksanakan….Lanjutkan….! begitulah suara yang terdengar di tengah halaman utama MTsN 9 Nganjuk. Betul….hari ini, tepat tanggal 22 Oktober 2022 dilaksanakan upacara bendera serentak di seluruh penjuru negeri ini, tak terkecuali di MTsN 9 Nganjuk dengan tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

Suasana juga tampak berbeda di pagi ini, karena semua siswa laki-laki memakai baju putih, bersarung dan lengkap dengan kopyahnya. Siswi pun demikian halnya, memakai baju gamis putih dan berhiaskan jilbab membuat anggun penampilan anak-anak pada peringatan hari santri ini. Tidak ketinggalan pula dewan guru dan tenaga pendidik juga berpenampilan serupa, tentunya menambah nuansa semakin mempesona.

Upacara bendera dilaksanakan dengan khidmat, peserta upacara juga berbaris rapi dan tertib. Dalam amanat Pembina, para siswa madrasah (Baca : Santri) diharapkan tidak lupa sejarah, bahwa perjuangan bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan juga tidak lepas dari kerja keras, doa dan tetesan darah para kiyai, ulama maupun santri dari berbagai pondok pesantren di nusantara ini. Untuk itu, melalui momentum peringatan hari santri ini, siswa madrasah agar terus semangat dalam mengisi kemerdekaan dan menghiasinya dengan akhlakul karimah. 

Di akhir acara, ada pemberian perhargaan kepada siswa berprestasi di bidang non akademik, yakni bagi yang sudah hafal surat yasin dan waqiah mendapatkan piagam / syahadah, sebagai bukti telah hafal surat tsb dan untuk memacu siswa yang lain agar segera hafal beberapa surat dan berlanjut untuk hafal al Qur'an. Pemberian piagam ini di wakili oleh Ifa Amalia, Kalimatus sholehah, Lauhil Mahfud, Moh. Fahmi dan M. Fahrur Arsya yang kesemuanya berasal dari 8-B.

ed: Lq

#madrasah
kemenag
© 2024 Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Follow kemenag Nganjuk : Facebook Twitter Instagram Youtube