header-int

Merumuskan Target Capaian Kegiatan dan Kunci Keberhasilan di KKMI 0002 Nganjuk

Senin, 12 Des 2022, 11:31:13 WIB - 486 View
Kontributor : Hari Purnomo, M.Pd.I Pengawas Muda Kementerian Agama Kab. Nganjuk
Merumuskan Target Capaian Kegiatan dan Kunci Keberhasilan di KKMI 0002 Nganjuk

Nganjuk - Pengawas Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Sawahan, Berbek, Ngetos, Loceret dan Pace hadir dalam monitoring pelaksanaan  dengan resmi kegiatan Pelatihan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) bertempat di Gedung Madin Putri Darul Muta’alimin Cepoko Kec. Berbek Nganjuk pada 8 – 10 Desember 2022.

Acara tersebut mengadirkan Fasilitator Daerah Kabupaten Nganjuk Kasnan, S.Ag. Dalam agenda hari pertama dihadiri kepala madrasah seluruh madrasah ibtidaiyah yang berada dalam naungan Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk diantaranya dari Kecamatan Sawahan, Kecamatan Berbek, Kecataman Ngetos, Kecamatan Loceret dan Kecamatan Pace yang berjumlah 21 orang.

Katua KKMI 002 Chusnul Furod, S. Pd. I menuturkan bahwa program ini terlaksana melalui program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan di implementasi proyek Madrasah Education Quality Reform. yaitu sebuah program investasi SDM yang dikembangkan Kementerian Agama RI dan sumber pendanaannya melalui pinjaman luar negeri yaitu Bank Dunia (World Bank).

“Program Ini merupakan kerjasama dan kolaborasi, antara Kemenag RI dan World Bank yang bersinergi untuk meningkatkan kompetensi guru, kepala madrasah, dan kelompok kerja pengawas yang lebih dikenal sebagai Madrasah Reform. Insya Allah sudah terjadwal dalam bentuk kegiatan IN dan ON dalam beberapa hari mendatang,” ujar Furod.

“Bapak dan Ibu yang hadir dalam acara ini, diharapkan dapat mengikuti kegaitan ini dengan baik dan sampai selesai dengan harapan adanya perubahan mindset dan meningkatkan kompetensi yang bermuara pada peningkatkan kualitas pendidikan, dalam menciptakan siswa-siswi yang cerdas lahir batin, berakhlakulkarimah, dan mampu memenangkan persaingan diera globalisasi dab digitalisasi sehingga pendidikan di Indonesia lebih berkualitas dan bermutu,” tambah Fajarin

Hari pertama fasilitator daerah Kasnan, S.Ag menyampaikan beberapa hal diantaranya Identifikasi Kondisi Madrasah berdasarkan Analisa Konteks atau Evaluasi Diri Madrasah (EDM); Analisis SNP untuk Diterapkan di Madrasah; Menganalisis Aspek-aspek Dokumen RKAM; Merumuskan Target Capaian Kegiatan dan Kunci Keberhasilan; Arah Perencanaan Program Penyusunan Kegiatan dalam RKAM dan Rencana Kegiatan dalam RKAM.

Dalam rangkaian kegiatan hari pertama tersebut diharapkan kepala madrasah dapat menerima materi dari fasilitator daerah dengan baik dan dapat diimplementasikan dalam lingkungan madrasah masing-masing. (poer)


ed:lq

#madrasah
kemenag
© 2025 Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Follow kemenag Nganjuk : Facebook Twitter Instagram Youtube