header-int

MTsN 8 Nganjuk Lantik Pramuka Generasi Milenial di Candi Surowono

Selasa, 21 Nov 2023, 15:50:22 WIB - 150 View
Kontributor : fai
MTsN 8 Nganjuk Lantik Pramuka Generasi Milenial di Candi Surowono

Pada hari Minggu, 19 November 2023, MTsN 8 Nganjuk melaksanakan upacara pelantikan 98 siswa Pramuka Penggalang Ramu dan 29 siswa Penggalang Rakit di Candi Surowono, Pare Kediri. Acara ini dihadiri oleh 24 pengurus, guru, serta para alumni Gerakan Pramuka RAKAMASANDI.

Upacara dimulai dengan pengibaran bendera Merah Putih dan tunas kelapa dan dilanjutkan dengan Pengucapan Ulang Janji oleh peserta yang baru dilantik. Mereka berjanji untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kepramukaan dan menjadi teladan bagi teman-teman sebaya.

Pembina Pramuka MTsN 8 Nganjuk, Suyanto, S.Pd, menyampaikan harapannya agar Pramuka Penggalang Ramu dan Penggalang Rakit dapat aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan positif di Madrasah maupun di lingkungan sekitar. "Kalian adalah generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat membawa perubahan positif dalam masyarakat," ucap beliau dengan penuh semangat.

Sebelum Acara pelantikan, peserta diajak untuk menikmati keindahan alam di sekitar candi dan cross country (semacam jelajah alam) dan menyusuri aliran sungai bawah tanah yang terletak 3 KM dari bangunan candi. Sungai bawah tanah sendiri tidak seperti sungai pada umumnya tetapi merupakan sungai yang mengalir deras dan jernih di bawah tanah. Aliran sungai di bawah tanah itu, orang menyebutnya sebagai Gua Surowono. Gua yang terletak di Dusun Surowono, Desa Canggu, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri itu, merupakan lorong bawah tanah yang bercabang-cabang. Di dalamnya mengalir sebuah sungai yang airnya sangat jernih. Gua Surowono ini, konon merupakan sistem kanal, bagian dari Candi Surowono, yang telah ada sejak zaman Kerajaan Kediri.

Acara pelantikan Pramuka Penggalang Ramu dan Penggalang Rakit di pelataran Candi Surowono ini diharapkan dapat menjadi awal perjalanan yang penuh prestasi dan keberhasilan bagi setiap peserta. Selamat kepada para Pramuka Penggalang Ramu MTsN 8 Nganjuk, semoga kalian dapat menjadi panutan dan berkontribusi positif dalam pembangunan karakter dan kepribadian di masa depan.

#pendma,madrasah
kemenag
© 2024 Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Follow kemenag Nganjuk : Facebook Twitter Instagram Youtube