header-int

Muskerda 2 IPARI Kabupaten Nganjuk: Pemantapan Peran Penyuluh Agama di Masyarakat

Kamis, 30 Nov 2023, 12:19:25 WIB - 129 View
Kontributor : Sam Aji Kritian - Penyuluh Agama Kristen Kemenag Nganjuk
Muskerda 2 IPARI Kabupaten Nganjuk: Pemantapan Peran Penyuluh Agama di Masyarakat

Nganjuk - Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) Kabupaten Nganjuk gelar Musyawarah Kerja Daerah (Muskerda) ke-2 pada Selasa, 28 Nopember 2023, di kediaman Ketua IPARI Kabupaten Nganjuk, Muh. Choirus Shalihin, Gondang. Acara ini menjadi momentum penting dalam memantapkan peran dan fungsi penyuluh agama dalam mendukung pembangunan masyarakat di daerah.

   

Muskerda kali ini menjadi yang pertama dilaksanakan di luar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk. Hal ini menandakan semangat baru dan upaya IPARI untuk merangkul lebih luas jajaran penyuluh agama dalam proses musyawarah. Sebelumnya, Musyawarah Kerja Pengurus IPARI dilaksanakan di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk pada 22 Nopember 2023.

Hadir dalam acara tersebut, Kakankemenag Kabupaten Nganjuk, Mohamad Afif Fauzi, yang turut memberikan dukungan serta arahan kepada para penyuluh agama. Kasi Bimas Islam, Dawut Maulan, juga hadir sebagai bentuk support dan motivasi terhadaap kiprah IPARI di Kabupaten Nganjuk.

Pentingnya peran penyuluh agama dalam mendukung kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Nganjuk semakin terlihat dengan sinergi para Penyuluh Agama Islam dengan Penyuluh Agama Kristen Kantor Kementerian Agama Nganjuk, Sam Aji Kristian.

Ketua IPARI Kabupaten Nganjuk, Muh. Choirus Shalihin, menyampaikan harapannya agar Muskerda ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan peran penyuluh agama di tengah masyarakat. Ia  berharap melalui musyawarah ini, dapat secara bersama-sama merumuskan langkah-langkah strategis untuk memberikan kontribusi positif bagi perkembangan agama di tengah Masyarakat.

Muskerda ke-2 IPARI Kabupaten Nganjuk ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi penyuluh agama untuk lebih proaktif dalam memberikan pemahaman agama yang moderat, toleran, dan mengedepankan semangat kerukunan antar umat beragama. Selain itu, diharapkan juga dapat memperkuat sinergi antara IPARI, Kementerian Agama, dan unsur-unsur terkait dalam mencapai tujuan bersama untuk mewujudkan masyarakat yang beradab dan berkeadilan.
editor: Luqman Hadi

#inmas,bimais
kemenag
© 2024 Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Follow kemenag Nganjuk : Facebook Twitter Instagram Youtube