header-int

Pembukaan Kegiatan KKG MI Tahun 2022 #2

Rabu, 16 Nov 2022, 14:17:01 WIB - 152 View
Kontributor : Hari Purnomo, Pengawas Muda Kemenag Nganjuk
Pembukaan Kegiatan KKG MI Tahun 2022 #2

Nganjuk - Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKG MI) melaksanakan acara pembukaan secara serentak dari KKG 15 (MIN 10 Nganjuk); KKG 16 (MIN 10 Nganjuk); KKG 17 dan 19 (MIN 6 Nganjuk) dan KKG 20 (MIN 2 Nganjuk). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 14 Nopember 2022 di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Bahaun Nihayati, S.Pd.I dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Madrasah oleh Yuliani, S.Pd.I. Setelah selesai kegiatan ini sambuten Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk, Dr H. Afif Fauzi, S.Ag, M.Pd.I. Mengawali sambutan mengikuti yel-yel “KKG MI sukses, bahagia, luar biasa” .

Lebih lanjut Afif Fauzi menyampaikan KKG MI agar bisa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan professional di mana dalam hal ini bagi pendidik dan tenaga kependidikan di wilayah madrasah ibtidaiyah. Kemudian agar meningkatkan kualitas pembelajaran (outcome siswa meningkat) karena memberikan kontribusi positif bagi pembelajaran di madrasah. Yang ketiga terpenuhinya Penilaian Kinerja Berkelanjutan. Dan yang terakhir merencanakan program jangka panjang terkait kualitas pendidikan secara umum.

Di akhir sambutannya kepala kantor mengharapkan agar memberikan kesempatan kepada guru untuk saling memberikan umpan balik, bertukar pengalaman, untuk peningkatan profesionalitas dan terlaksananya kegiatan pengembangan diri yang terdiri dari tiga komponen yaitu: pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.

Kegiatan penutup dan doa dibacakan oleh M. Izzudin Munir, S.Ag dan dilanjutkan dengan materi Kebijakan Kementerian Agama dari Kepala Seksi Pendidikan Madrasah disampaikan langsung Sutopo, S.Ag, M.Pd.I. Uraian peran kelompok kerja guru (KKG) dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) sangat strategis untuk mendukung peningkatan mutu guru. Bahkan pada situasi pandemi seperti sekarang, para guru harus difasilitasi untuk saling belajar dan meningkatkan kemampuan mengajarnya. Terutama agar guru bisa memberikan pembelajaran berkualitas pada siswa.

“Pada masa sekarang kami mendorong para guru untuk saling belajar melalui forum pertemuan secara berkesinambungan. Mereka berbagi masalah dan pemecahannya agar kualitas pembelajaran bisa secara berkelanjutan ditingkatkan,” jelas Sutopo dalam Penguatan Peran Guru dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah yang digelar Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Nganjuk.

“Studi kami menemukan bahwa salah satu faktor penting yang membuat kegiatan KKG dan MGMP terus bergulir adalah kehadiran aktor pengurus yang tanpa lelah mau berkorban menjalankan roda penyelenggaraan kegiatan-kegiatan dan pertemuan-pertemuan KKG atau MGMP,” jelas Sutopo. Hadir pula dalam kegiatan tersebut pengawas madrasah di tiap-tiap madrasah binaan KKG 15 Dhikri Mohammad Faroqi, S.Pd.I, M.Pd.; KKG 16 Nasir Alhamdal, M.Pd.Idan Riza Firdausi, M.Pd.; KKG 17 dan 19  Abd. Rokhman, S.Ag, M.Pd. dan Tajudin Nasihindan, M.Pd.I KKG 20 Suyanto, M.Pd.I. (poer)

ed: lq

#madrasah
kemenag Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk berada di Jl. Dermojoyo No. 22 Tlp. (0358) 321757 dan fax (0358) 324071 kode Pos 64418, dengan luas gedung 487 M2 diatas tanah dengan luas 2.580 M2 . Berdasarkan KMA No: 373/2002 tentang Organsasi dan Tata kerja Kanwil Depag Provinsi dan Kab/kota Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk termasuk Tipologi XII A
© 2022 Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Follow kemenag Nganjuk : Facebook Twitter Instagram Youtube