header-int

Rohisa Smaker gelar khotmil Al Qur an

Rabu, 06 Mar 2024, 15:50:38 WIB - 52 View
Kontributor : Hari Purnomo. Pengawas Madrasah Muda
Rohisa Smaker gelar khotmil Al Qur an

Nganjuk - Rohisa Smaker mengadakan khotmil Al Qur'an yang dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2023 pukul 07.00. Yang dimulai dari pembukaan, pembacaan ayat suci Al Qur'an, Sambutan pembina Rohisa yang diwakili oleh Bapak Mustaqim S.Pd.I., M.Pd dan kemudian Acara inti Khotmil Al Qur'an, dan terakhir penutup yaitu doa yang dibacakan oleh Bapak Zubaidin S.H.

Acara khotmil Al Qur'an bertepatan dengan perayaan hari natal di SMAN 1 Kertosono. Hal ini tidak menyebabkan perdebatan antar dua ekstrakurikuler. Tetapi menambah moderasi beragama di SMAN 1 Kertosono begitu harmonis. Rohisa menghormati diadakannya natal pada hari Jum'at, dan Kerohanian kristen juga menghargai diadakannya khotmil Al Qur'an rohisa dan acara natalan tersebut tidak sampai pada masuk dhuhur karena di masjid akan diadakan sholat jumat untuk kaum muslim.

 

Moderasi beragama harus ditanamkan sejak di bangku sekolah sebagai wadah membangun negara yang maju, harmonis dan moderat. Dengan demikian dapat tercipta Masyarakat yang saling menghormati, saling menghargai, saling memahami, dan hidup dalam kerukunan, Dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Dan setiap peserta didik wajib mendapatkan pendidikan agama sesuai dengan keyakinan nya masing masing, di lembaga mana pun dia mendapatkan pendidikan agama, baik di sekolah negeri maupun di sekolah swasta sesuai dengan sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Semoga dengan moderasi beragama yang di lakukan oleh ROHISA  (Rohani Islam Al-Alim) dan SKK (Sie Kerohanian Kristen) di SMAN 1 Kertosono bisa di jadikan contoh moderasi beragama di lingkungan sekolah (shoha).

#pais
kemenag Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk berada di Jl. Dermojoyo No. 22 Tlp. (0358) 321757 dan fax (0358) 324071 kode Pos 64418, dengan luas gedung 487 M2 diatas tanah dengan luas 2.580 M2 . Berdasarkan KMA No: 373/2002 tentang Organsasi dan Tata kerja Kanwil Depag Provinsi dan Kab/kota Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk termasuk Tipologi XII A
© 2024 Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Follow kemenag Nganjuk : Facebook Twitter Instagram Youtube