header-int

Tingkatkan Peran Strategis, Pengawas PAIS Kemenag Nganjuk Ikuti Workshop Pengawas PAIS Se Jawa Timur

Kamis, 05 Okt 2023, 15:40:23 WIB - 221 View
Kontributor : Luqman Hadi - Humas Kankemenag Nganjuk
Tingkatkan Peran Strategis, Pengawas PAIS Kemenag Nganjuk Ikuti Workshop Pengawas PAIS Se Jawa Timur

Nganjuk - Workshop Peningkatan Kompetensi Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Se Jawa Timur tahun 2023 resmi digelar di Tuban pada Kamis, 5 Oktober 2023. Acara yang diadakan selama dua hari ini guna memperkuat peran strategis pengawas PAI dalam mendampingi implementasi Kurikulum Merdeka Pendidikan Agama Islam di Sekolah.

Selain itu, pelaksanaan Peningkatan Kompetensi Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Se Jawa Timur tahun 2023 ini bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan Kompetensi Program Kepengawasan PAI.
  2. Memperdalam pemahaman tentang Instrumen Kepengawasan PAI pada Kurikulum Merdeka.
  3. Meningkatkan keterampilan dalam penyusunan Laporan Kepengawasan PAI.
  4. Pemahaman yang lebih baik tentang Standar Kompetensi Pegawai (SKP) untuk Pengawas PAI.

Dalam pembukaan workshop, Kepala Kantor Kementerian Agama (KAKAN KEMENAG) Tuban, Ahmad Munir, menegaskan bagaimana krusialnya peran pengawas PAI di sekolah. Beliau menekankan beberapa peran penting pengawas PAI di Sekolah antara lain:

  1. Pengawas sebagai Konsultan bagi Guru dan Sekolah: Pengawas PAI diharapkan dapat berperan sebagai konsultan yang membantu guru dan sekolah dalam menjalankan tugas-tugas Pendidikan Agama Islam.
  2. Urgensi Peran Pengawas dalam Pendidikan Agama dan Karakter Peserta Didik: Peran pengawas sangat urgen dalam memastikan kualitas Pendidikan Agama Islam dan pembentukan karakter peserta didik.
  3. Guru sebagai Pelopor Moderasi Beragama: Guru diharapkan dapat menjadi pelopor moderasi beragama melalui buku bacaan dan referensi yang digunakan dalam proses pembelajaran, sebagai upaya untuk menangkal aliran radikalisme.
  4. Sinergitas dengan Pengawas Dinas: Ahmad Munir juga menggarisbawahi pentingnya sinergitas antara pengawas PAI dengan pengawas dari Dinas Pendidikan lainnya, sebagai contoh program-program seperti Rohis, Ceria, dan Pentas PAI yang mendukung pembelajaran agama Islam di sekolah.

   

Workshop ini berlangsung selama dua hari, yakni tanggal 4 hingga 5 Oktober 2023, dengan sebelumnya telah dilaksanakan workshop secara daring pada tanggal 4 Oktober 2023. Hadir dalam workshop seluruh Pengawas PAI dari Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk antara lain: Dr. Solichul Hadi, M.Pd, Drs. Miftakhul Huda, M.Pd.I, Samsul Hadi, S.Pd.I, Minan Bahaudin, S.Ag, M.Pd, serta Mokhamad Amirudin, S.Ag.

   

Dengan digelarnya workshop ini, diharapkan pengawas PAI dapat memperkuat peran mereka dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam dan pembentukan karakter peserta didik sejalan dengan implementasi Kurikulum Merdeka Pendidikan Agama Islam di sekolah.

#inmas,pais
kemenag Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk berada di Jl. Dermojoyo No. 22 Tlp. (0358) 321757 dan fax (0358) 324071 kode Pos 64418, dengan luas gedung 487 M2 diatas tanah dengan luas 2.580 M2 . Berdasarkan KMA No: 373/2002 tentang Organsasi dan Tata kerja Kanwil Depag Provinsi dan Kab/kota Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk termasuk Tipologi XII A
© 2024 Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Follow kemenag Nganjuk : Facebook Twitter Instagram Youtube