header-int

Upacara Peringatan Harkitnas: Mengenang Sejarah dan Meningkatkan Semangat Nasionalisme

Selasa, 23 Mei 2023, 09:36:55 WIB - 224 View
Kontributor : Luqman Hadi - Humas Kankemenag Nganjuk
Upacara Peringatan Harkitnas: Mengenang Sejarah dan Meningkatkan Semangat Nasionalisme

Nganjuk - Kakankemenag, M. Afif Fauzi, hadir dalam upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional Kabupaten Nganjuk yang diselenggarakan di Lapangan Desa Ngepeh, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk pada Senin, 22 Mei 2023. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi.

Upacara Hari Kebangkitan Nasional dihadiri oleh para forkopimda, perwakilan mahasiswa, organisasi masyarakat, dan para pelajar dari seluruh Kabupaten Nganjuk. Dalam semangat menjaga keberagaman Indonesia, barisan pemuda dan pelajar mengenakan pakaian adat daerah sebagai bentuk cinta dan upaya menjaga kelestarian budaya bangsa.

Dalam sambutannya, Bupati Nganjuk yang akrab disapa Kang Marhaen, menyampaikan pentingnya mengenang sejarah sebagai landasan perjuangan bangsa. Sejarah yang panjang dan beragam bangsa Indonesia menjadi sumber inspirasi dan pembelajaran yang relevan dengan situasi saat ini. Hal ini penting sebagai pengingat dan pemacu semangat dalam berjuang dan mengabdi kepada negara.

"Teladan tokoh nasional harus menjadi pelajaran berharga dan pemacu semangat dalam mengabdi kepada bangsa dan negara," ujar Kang Marhaen.

Tokoh-tokoh nasional yang berasal dari Ngepeh, Kabupaten Nganjuk, menjadi inspirasi bagi kita semua dalam menjunjung tinggi nasionalisme. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional merupakan momen yang tepat untuk merenungkan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Doa dalam upacara tersebut dibacakan oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk, Sutopo. Doa tersebut mengandung harapan dan doa agar semangat kebangkitan nasional terus terjaga dan terus menginspirasi generasi muda untuk berkontribusi dalam memajukan bangsa dan negara.

Dengan diadakannya upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional, diharapkan masyarakat Kabupaten Nganjuk dapat semakin menghargai sejarah dan menjunjung tinggi nilai-nilai nasionalisme. Dengan semangat kebangkitan, diharapkan setiap individu dapat berperan aktif dalam pembangunan dan menjaga keutuhan negara Indonesia.(Lq)

#inmas
kemenag
© 2024 Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Follow kemenag Nganjuk : Facebook Twitter Instagram Youtube