header-int

Wujudkan Wanita Bebas Kanker, DWP Kemenag Nganjuk Laksanakan Tes IVA dan Sadanis Gratis

Rabu, 10 Agu 2022, 16:13:18 WIB - 344 View
Kontributor
Wujudkan Wanita Bebas Kanker, DWP Kemenag Nganjuk Laksanakan Tes IVA dan Sadanis Gratis

Nganjuk - Menyambut himbauan dan ajakan dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama RI untuk mewujudkan wanita Indonesia bebas kanker, DWP Kemenag Nganjuk  menggelar Tes IVA dan Sadanis Gratis pada 10-11 Agustus 2022. Acara yang dipusatkan di Puskesmas Nganjuk ini, pembukaannya diikuti oleh seluruh jajaran pengurus Dharma Wanita Persatuan Kemenag Nganjuk yang sekaligus akan menjadi peserta Screening dan Tes IVA.

Tes IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Sedangkan SADANIS merupakan pemeriksaan payudara oleh tenaga kesehatan terlatih untuk mendeteksi kanker payudara.

“Sebanyak 56 orang anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk  telah mendaftar untuk mengikuti Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS)” Ujar Binti Kolisotin, Ketua DWP Kemenag Nganjuk membuka laporannya.

Dalam pembukaan acara yang digelar Rabu pagi, 10 Agustus ini, Ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk karena telah sepenuhya mendukung dan memfasilitiasi Tes IVA dan Sadanis ini secara gratis. Koordinasi dan persiapan yang terbilang singkat ia harapkan dapat menjadi contoh menumbuhkan kesadaran kepada para wanita di Kabupaten Nganjuk untuk mau dan sadar pencegahan kanker yang telah menjadi pembunuh nomor satu bagi para wanita di dunia.

Senada dengan Ketua DWP, Kakankemenag Kabupaten Nganjuk, Afif Fauzi menjelaskan pentingnya upaya meningkatkan kesehatan wanita, terlebih para ibu di Kabupaten Nganjuk. Ia menyatakan bahwa kesehatan keluarga ditentukan oleh kesadran para ibu dalam menjaga dan mengupayakan kesehatan bagi semua angota keluarganya.

“Kegiatan semacam ini seharusnya juga menjadi perhatian para “bapak-bapak” sebagai bentuk melindungi keutuhan dankeharmonisan keluarga”, ujar Kakankemenag putra daerah Kabupaten Nganjuk ini. Menurutnya, jika para ibu sehat dan tanggap menjaga kesehatan keluarga maka keharmonisan dan kebahagiaan rumah tangga akan semakin mudah tercipta.

Turut hadir dalam dalam rangkaian pembukaan ini adalah Kepala Puskesmas Nganjuk, Perwakilah Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, Kepala Seksi Bimas Islam, PAIS dan Penyelenggara Zakat Wakaf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk, Kepala Kantor BRI Cabang Nganjuk, serta Ketua BAZNAS Kabupaten Nganjuk.

Sebelum mulai tes IVA dan Sadanis, para peserta dan undangan pada kegiatan ini mengikuti rangkaian pembukaan secara serentak di serentak di 34 provinsi secara virtual Zoom Meeting yang dikomandoi oleh DWP Kemenag RI. Dalam pembukaan serentak ini, Penasehat DWP Kemenag RI, Eny Retno Yaqut memberi apresiasi pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur sebagai Kanwil Kemenag dengan peserta terbanyak untuk mengikuti tes IVA dan Sadanis. (Lq)

#inmas
kemenag
© 2024 Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk Follow kemenag Nganjuk : Facebook Twitter Instagram Youtube